Indonesian English

Gerakan Tanam Pohon dan Bhakti Sosial, DWP Kemenkumham Kunjungi Lapas Bekasi.

HMS 7281

Bekasi - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melakukan gerakan tanam pohon dan bhakti sosial di Lapas klas III Bekasi. Kegiatan yang di ketuai oleh Wiwik Bambang Rantam Sariwanto ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Program Kerja OASE 2017 tentang Gerakan Nasional Penanaman Pohon. Pada kesempatan itu pula diadakan Bhakti Sosial yang berupa penyerahan sumbangan untuk Lapas Kelas III Bekasi dan Rutan Kelas II B Depok. Rombongan disambut oleh Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat, Kepala Lapas dan segenap jajaran Lapas. (3/4/2017)

Dalam sambutannya Wiwik mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk dapat memberikan solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan, khususnya warga binaan dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan. “Kegiatan seperti ini diharapkan juga akan dilaksanakan di Lapas dan rutan lainnya secara terus-menerus dan berkesinambungan, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan bersama oleh warga binaan”, Ujarnya.

Lebih lanjut Wiwik berpesan agar seluruh pegawai yang ada di lapas dan rutan agar melakukan monitoring hasil penanamannya sehingga kegiatan ini bukan hanya merupakan kegiatan yang formalitas semata, namun akan berkembang lebih baik.

“Kita semua berharap semoga apa yang diberikan ini dapat membantu warga binaan serta dapat meningkatkan keterampilan yang nantinya dapat menjadi bekal manakala sudah selesai menjalani masa tahanan atau sudah dinyatakan bebas,” tambahnya.

Sebelumnya dalam sambutan pembukaan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat sekaligus Penasehat DWP Kanwil Jabar, Susi Susilowati mengatakan bahwa perhatian ibu-ibu DWP ini sangat dibutuhkan, bukan hanya membawa sesuatu tetapi juga sebagai bentuk kasih sayang, sehingga kerinduan terhadap suasana diluar bagi warga binaan akan terobati. “Ini merupakan bentuk kasih sayang terhadap warga binaan. Masih banyak lapas-lapas yang memang masih membutuhkan kegiatan seperti ini,” kata Susi.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari Gerakan Nasional Penanaman pohon yang sudah dimulai dan dilakukan oleh ibu-ibu OASE yang diketuai oleh Ibu Iriana Joko Widodo di beberapa daerah yang salah satunya telah dilaksanakan pada tanggal 22 Pebruari lalu di Waduk Gondang Karang anyar, Jawa tengah.

Pada kesempatan itu pula dilakukan penanaman pohon durian montong dan jambu jamaika dan penyerahan bibit tanaman. Bersamaan dengan itu pula diberikan sumbangan  berupa Mesin Border, mesin Obras, dan mesin jahit yang diserahkan langsung oleh Penasehat DPW Elisye Yasonna Laoly kepada Kalapas dan Plt Karutan depok. Selanjutnya Rombongan DWP Kemenkumham meninjau beberapa sel tahanan dan berbincang-bincang dengan warga binaan. (Komar, Foto: Asep, Sugiwan).

DSC 5136

DSC 5088

HMS 7289DSC 5357

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .