Indonesian English

Benahi Lapas, Menkumham Lantik Kakanwil Kemenkumham Riau

pelantikan riau

Jakarta- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna. H Laoly melantik sekaligus mengambil sumpah Dewa Putu Gede sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau, di Gedung Kemenkumham, Senin, (8/5/2017).

Pada kesempatan itu menkumham memberikan arahan dalam pidatonya mengenai hal-hal yang akhir-akhir ini kerap terjadi di Lingkungan Pemasyarakatan. Kepada kakanwil yang baru dilantik menkumham mengatakan bahwa pelantikan kali ini bukan sekedar perputaran. “Pergantian ini dalam upaya penyelamatan dari berbagai persoalan yang sedang mendera kita khususnya terkait pemasyarakatan,” Ucap Menkumham.

Menkumham berpesan kepada jajaran yang hadir saat itu bahwa tanggung jawab yang diemban bukan hanya berlaku di jajaran bawah saja tetapi berjenjang sampai tingkat atas. Menkumham juga menekankan bahwa kejadian yang cukup serius di Lembaga Pemasyarakatan dan Rutan akhir akhir ini sangat memerlukan penanganan yang konperehensif dan nyata.

Menkumham dalam arahannya kembali menegaskan akan menindak tegas kepada pejabat atau pegawai yang terlibat pungli dari hukuman disiplin bahkan sampai pemecatan. “Kepada jajaran di Lembaga Pemasyarakatan agar merubah mindset dan bekerja secara profesional.

Menkumham juga mengingatkan agar semua pimpinan dan pegawai dapat bersinergi untuk menghindari kejadian- kejadian yang tidak diinginkan. inovasi harus dilakukan dengan kebijakan-kebijakan  yang mumpuni dan membutuhkan pengawasan yang lebih dalam lagi.

Menkumham berpesan kepada Kakanwil yang baru dilantik untuk segera bekerja dan jangan segan-segan untuk mengambil tindakan keras kalau itu memang dibutuhkan. “Saya berikan otoritas kepada saudara untuk melakukan pembersihan dari oknum-oknum yang melakukan tindakan yang tidak benar" Ucap yasona.

Saat ini penghuni lapas di Riau dengan kapasitas hanya dua ribu saja sebenarnya. mengalami over kapasitas mencapai 10 ribu orang tahanan maupun Warga Binaan Pemasyarakatan.
“Disitulah kejelian saudara sebagai pimpinan untuk menunjukkan bahwa saudara mampu untuk mengelola dengan penuh tanggung jawab, lakukan dengan baik,” Ucap Menkumham. (Komar, Foto: Asep).

pelantikan riau 2

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .