Indonesian English

Kerjasama Luar Negeri Harus Demi Kemajuan Kemenkumham dan Menjaga Kedaulatan NKRI

batam 1

Batam 16/5. Kerjasama yang telah dibangun oleh Kementerian Hukum dan HAM dengan beberapa lembaga donor haruslah bertujuan untuk meningkatkan peran pembangunan, penguatan dan perlindungan hukum terutama dalam peningkatan sumber daya manusia. Hal tersebut dikatakan Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Reformasi Birokrasi Kemenkumham, F. Haru Tamtomo saat membuka kegiatan Tata Kelola Kerjasama Luar Negeri Kementerian Hukum dan HAM di Batam selasa (16/5). Kegiatan yang bertemakan “International Cooperation and Public Communication Strategy in Global World” . Kegiatan ini digagas oleh Biro Humas Hukum dan Kerjasama bekerjasama dengan lembaga donor dari Jerman yaitu Friedrich Naumann Stiftung/FNS yang berlangsung 16-19 Mei 2017

Terkait dengan peningkatan kerjasama luar negeri, Haru mengatakan bahwa kegiatan ini harus bermuara pada kemajuan Kemenkumham dan menjaga kedaulan NKRI. ”Kegiatan ini harus dilihat sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Kumham dalam hal kerjasama luar negeri dan bagaimana membangun komunikasi dengan media sebagai sarana publikasi” kata Haru.

Terakhir Haru mengatakan bahwa pimpinan Kemenkumham sangat mendukung kegiatan tata kelola kerja sama luar negeri ini dan berharap peserta dapat belajar dan menggali ilmu selama kegiatan berlangsung.

Sementara itu dalam sambutan sebagai tuan rumah kegiatan tersebut, Kakanwil kemenkumham Kepri, Bambang Widodo menyambut gembira kegiatan ini dapat terselenggara di Batam dan berharap kegiatan ini menghasilkan sesuatu yang berguna bagi peningkatan SDM baik dilingkungan Kanwil Kepri maupun Kemenkumham secara umum. “saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia, khususnya kerjasama luar negeri dimana Batam sebagai pintu gerbang Indonesia dengan negara lain (singapura) akan banyak terkait dengan kerjasama luar negeri” pinta Bambang Widodo. Acara ini diikuti peserta dari internal kemenkumhan seluruh indonesia dan menghadirkan beberapa ahli dalam bidang publik relation dan kerja sama luar negeri.  

Sebagaimana diketahui kerja sama luar negeri Kemenkumham dengan lembaga donor selain pelatihan kerja sama luar negeri dan komunikasi juga berbagai program terkait pemenuhan, perlindungan hak asasi manusia dan pemajuan demokrasi (politik) yang juga melibatkan stake holder beberapa partai, Pemprov.  Jawa Tengah dan Pemda. Wonosobo serta entitas jurnalis yang peduli pada keberagaman dan peduli terhadap lingkungan. Kerjasama tersebut menunjukkan bahwa kemenkumham telah berhasil membangun sinergi yang baik dengan entitas publik dan lembaga lainnya. Hal sesuai dengan semangat tata nilai PASTI yaitu membangun nilai-nilai sinergis dan inovatif. (teguh, editor : ria wijayanti)

batam 2

batam 3

batam 4

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .