Indonesian English

Presiden Jokowi Pimpin Langsung Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

 

Jakarta -  Hari ini, untuk pertama kalinya Indonesia menyelenggarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila dengan mengadakan upacara yang di pimpin langsung Oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Upacara yang diikuti oleh segenap jajaran Kabinet Kerja dilaksanakan di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon Jakarta Pusat (1/6/2017). Upacara juga diikuti peserta dari personil TNI, POLRI, perwakilan Pelajar, Mahasiswa, tokoh Lintas Agama, keluiarga proklamator, serta perwakilan keluarga pahlawan nasional.

Dalam pidatonya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Upacara  ini meneguhkan komitmen kita  agar lebih  mendalami, menghayati  dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Pancasila merupakan  hasil dari  satu  kesatuan  proses yang  dimulai  dengan  rumusan  Pancasila tanggal 1Juni  1945 yang  dipidatokan  lr.  Sukarno,  Piagam  Jakarta tanggal  22  Juni 1945,  dan  rumusan  final  Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945. Adalah jiwa  besar para founding  fathers, para  ulama  dan pejuang  kemerdekaan  dari  seluruh  pelosok  Nusantara sehingga  kita  bisa  membangun kesepakatan  bangsa yang mempersatukan  kita”, Ucapnya.

Jokowi juga berpesan agar bangsa Indonesia senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan dengan semangat bhineka tunggal ika. “Takdir  Tuhan untuk  kita adalah  keberagaman. Berbagai etnis,  bahasa,  adat  istiadat,  agama,  kepercayaan  dan golongan  bersatu padu  membentuk  lndonesia.  ltulah  bhineka tunggal ika. Kita  bisa  hidup  rukun  dan  bergotong royong untuk  memajukan negeri. Dengan Pancasila, lndonesia  adalah  harapan  dan  rujukan  masyarakat internasional  untuk  membangun  dunia  yang  damai,  adil dan makmur  di  tengah  kemajemukan”, Tambahnya.

Diakhir pidatonya, Jokowi berpesan agar semua elemen bangsa untuk menjaga perdamaian, persatuan,  dan persaudaraan  di antara  kita. Saling  bersikap  santun, saling  menghormati,  saling  toleran,  dan saling  membantu untuk  kepentingan  bangsa. “Mari  kita  saling  bahu-membahu, bergotong  royong  demi  kemajuan  lndonesia”, Ujar jokowi menutup pidatonya.

Pada kesempatan itu pula dibacakan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan bahwa 1 juni 1945 sebagai hari lahir pancasila dan merupakan hari libur nasional, Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 juni.  

Di tahun ini dan seterusnya mulai tanggal 1 Juni seluruh instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah menyelenggarakan Upacara Peringatan hari Lahir Pancasila. Untuk tahun ini dilaksanakan pula Pekan Pancasila pada tanggal 29 Mei sampai dengan 4 Juni 2017.

Pekan pancasila merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memperdalam pemahaman, penghayatan dan pengamalan Pancasila dengan tujuan untuk menguatkan dan memperkenalkan ulang dasar-dasar Pancasila serta untuk menarik minat para generasi muda terhadap pancasila. **Selamat  Hari Lahir  Pancasila.  Saya lndonesia,  Saya  Pancasila**. (Komar, Yatno. Foto: Dudi).

 

 

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .