Apel Siaga Pengukuhan Anggota Satuan Tugas (SATGAS) KAMTIB / P4GN, M. Sueb: negara tidak berhak membuat mereka / warga binaan pemasyarakatan menjadi lebih jahat dari pada sebelum dijatuhi pidana

Jakarta--Direktur Jenderal Pemasyarakatan Muhammad Sueb Memimpin Pelaksanaan Apel Siaga Pengukuhan Anggota Satuan Tugas (SATGAS) KAMTIB / P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) pada Jajaran UPT Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, pada Rabu (20/03) di Lapangan Upacara Lapas Klas I Tangerang.

 

Dalam Arahannya M. Sueb menegasakan "Salah satu poin didalam 10 butir Prinsip Pemasyarakatan disebutkan bahwa negara tidak berhak membuat mereka/ warga binaan pemasyarakatan menjadi lebih jahat daripada sebelum dijatuhi pidana. Oleh karena itu seluruh jajaran pemasyarakatan berkewajiban memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-hak warga binaan. Petugas pemasyarakatan harus mampu memastikan bahwa satu-satunya penderitaan Warga Binaan Pemasyarakatan hanyalah pembatasan ruang gerak atas sebagian haknya sebagai individu yang utuh, namun dalam perlindungan dan pemenuhan hak – hak dasar yang lain, seperti akses kesehatan, pendidikan, bantuan hukum, rehabilitasi dan integrasi ke masyarakat harus tetap dipenuhi".

 

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan telah menetapkan beberapa program aksi. Salah satu diantaranya ialah program aksi Getting to Zero HALINAR (penggunaan handphone, pungutan liar dan peredaran gelap narkoba)guna meminimalisir ruang gerak gangguan Kamtib dalam upaya deteksi dini terhadap terjadinya gangguan keamanan,sehingga sangat relevan apabila dalam Kegiatan Pengukuhan Anggota Satgas Kamtib / P4GN ini, keterlibatan P4GN sangat diperlukan selaku pelaksana dilapangan untuk ikut terjun langsung membantu petugas di Lapas/Rutan yang bermasalah dan mengalami gangguan Kamtib.

 

Dalam kesempatan yang sama pula Direktur Jenderal Pemasyarakata berkesempatan melihat atraksi Merangkai Senjata Api dan Penindakan gangguan keamanan yang di demontrasikan oleh Pegawai Lapas dan Rutan Banten.

 

 

 

Berita Terkait

19 Jul 2014 430

Reformasi Pelayanan Publik DITJEN AHU Online Berbuah manis, mendapat Predikat Standar Pelayanan Publik

Jakarta – Momentum yang tepat dalam memperkuat komitmen Negara mengenai peningkatan kualitas…
18 Jul 2014 324

Laporan Ketua Panitia Pada Pembukaan Festival Kreatif Indonesia 2014

Jakarta, 11-14 Juli 2014 • Yang kami hormati, kami cintai, dan kami banggakan Ibu Negara, ibu Hj…
16 Jul 2014 468

Peduli Terhadap Sesama, Bazar Dharmawanita Persatuan Kemenkumham Kembali Digelar

Jakarta - Peduli terhadap sesama manusia sangat penting menurut ajaran agama, apapun agamanya.…
15 Jul 2014 754

Sekjen Kemenkumham Apresiasi Peningkatan Kinerja Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara

Jakarta (15/07) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia…
14 Jul 2014 321

Napi Craft, Produk Hati dari Warga Binaan Pemasyarakatan

Ibu Negara RI Ani Yudhoyono (ke empat dari kanan) sedang melihat Napi Craft, didampingi Ibu Evy…
  • Tetap Optimis
  • Terus Berjuang
  • Jangan Melempem
  • Tidak Koruptor
  • Harus Bebas Korupsi

Promo Buku