CPNS Kemenkumham, Energi dan Kecerdasan Plus Integritas

2021 04 21 Latsar CPNS 1

Jakarta - Sebanyak 4.776 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengikuti pelatihan dasar (latsar). Para tunas muda pengayoman ini, selain menggunakan energi dan kecerdasan yang dimilikinya untuk berkontribusi kepada negara melalui Kemenkumham, juga dituntut untuk memiliki integritas yang tinggi.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. Andap Budhi Revianto, berharap kepada para CPNS untuk memiliki integritas yang tinggi, dan mengamalkan nilai-nilai profesional, akuntabel, sinergi, transparan, dan inovatif (PASTI), agar mampu mendorong kinerja Kemenkumham.

"Energi dan kecerdasan yang dimiliki tidak cukup, (tapi) harus disertai dengan integritas yang tinggi," kata Andap saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Kemenkumham Tahun Anggaran 2021.

"Semua itu harus menjadi satu kesatuan yang kuat. Jaga diri agar selalu bersih dan berkontribusi untuk negara melalui Kemenkumham," tambahnya.

“Kalian adalah orang-orang terpilih, melalui seleksi yang ketat, bersih, dan transparan. Maka tunjukkan bahwa saudara-saudara disini adalah orang-orang pilihan," ujar Andap, Rabu (21/04/2021) pagi di Ruang Soepomo.

Kepada seluruh peserta latsar, Andap mengatakan agar mengikuti proses pembelajaran dengan penuh dedikasi dan kesungguhan. Jadikan latsar ini sebagai batu loncatan (stepping stone) untuk melangkah lebih baik lagi.

“Kalian hanya berhak mengikuti latsar CPNS satu kali,” ucap Andap. “Bagi peserta yang tidak lulus, tidak dapat mengulang latsar CPNS pada gelombang berikutnya,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan Hak Asasi Manusia, Asep Kurnia menjelaskan kegiatan latsar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dalam pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, pengetahuan dasar tentang penyelenggaraan pemerintahan negara, serta bidang tugas dan budaya organisasi, kepada para CPNS agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat.

Asep mengatakan kegiatan ini diselenggarakan oleh BPSDM Hukum dan HAM bersama dengan tiga Balai Diklat (Badiklat) Hukum dan HAM lainnya, yaitu Jawa Tengah, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara, dari bulan April hingga Desember 2021.

“Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada masing-masing tempat penyelenggaraan, dimana BPSDM sebagai penjamin mutu pelatihan,” kata Asep.

Jumlah keseluruhan peserta kegiatan ini adalah sebanyak 4.776 orang, yang tersebar di seluruh Unit Utama Kemenkumham, kantor wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT). Adapun pelaksanaan latsar CPNS disusun dengan tiga alokasi berdasarkan wilayah.

Jumlah CPNS yang mengikuti latsar di BPSDM sebanyak 1.153 orang atau 30 angkatan, di Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah sejumlah 1.584 orang atau 41 angkatan, di Badiklat Hukum dan HAM Kepulauan Riau sebanyak 1.006 orang atau 25 angkatan, terakhir di Badiklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara sejumlah 1.033 orang atau 28 angkatan. (Tedy, foto: Christo)

2021 04 21 Latsar CPNS 2