Kemenkumham Adakan Swab Test Bagi ASN dan Warga Binaan Pemasyarakatan

sweb 1

Jakarta - Kementerian Hukum dan HAM kembali melaksanakan Swab Test sebagai bentuk penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Pada kesempatan ini, Swab Test diperuntukkan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenkumham dan seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas/Rutan se-Jabodetabek.

Sebanyak 28.133 WBP diikutkan dalam swab test. Selain itu, 2.819 ASN Kantor Pusat dan 3.084 ASN UPT Pemasyarakatan di Jabodetabek turut ikut dalam swab test tahap II ini.

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly mengatakan Kemenkumham terus berkomitmen untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar jumlah yang terpapar Covid-19 di Kemenkumham berada pada titik nol. Menkumham mengajak jajaran Kemenkumham mengedepankan kaborasi dan gotong royong dalam menyelesaikan persoalan pandemi ini.

"Memang tidak mudah, perlu kerja keras dan ikhtiar dengan sungguh-sungguh sebagaimana yang sering dipesankan oleh Presiden Joko Widodo, bahwa ikhtiar yang dilakukan haruslah ikhtiar zahir maupun batin," tegas Yasonna dalam acara pembukaan Swab Test tahap II, Kamis (26/11).

Ikthiar zahir yang dimaksud adalah menjaga pola hidup sehat dengan terus menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan konsisten. Yasonna menghimbau jajaran Kemenkumham untuk menggunakan masker  rajin mencuci tangan, tetap menjaga jarak, mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur.

Tak kalah penting dari itu adalah ikhtiar batin yaitu menjalankan ibadah kepasa Tuhan Yang Mahakuasa serta banyak berbuat kebajikan seperti sedekah dan menolong orang dalam kesusahan. Swab Test tahap II ini adalah bagian dari ikhtiar batin dari Kemenkumham. Swab test tidak hanya untuk ASN Kemenkumham, tetapi juga WBP.

"Saya apresiasi kepada jajaran Kumham, yang selalu responsif, melakukan action secara nyata dan membuktikan kepada publik bahwa kita juga ikut berjuang dan bekerja keras menghentikan penyebaran corona virus ini khususnya di Jabodetabek," tutur Yasonna di Graha Pengayoman.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo menilai kegiatan ini merupakan langkah yang strategis dalam memutus penyebaran Covid-19, khususnya dalam lapas/rutan yang relatif sempit dan dihuni oleh banyak WBP.

Kegiatan Swab Test Tahap II dilaksanakan pada Kamis, 26 November hingga Kamis, 3 Desember 2020 di unit kerja masing-masing. Sebelumnya, Kemenkumham telah melaksanakan Swab Test Tahap I dan pembagian masker kepada ASN Kemenkumham pada 3-6 November 2020 lalu. (Christo, Foto: Dudi)

sweb 2

sweb 3

WhatsApp Image 2020 11 26 at 16.37.14 1

WhatsApp Image 2020 11 26 at 16.37.14

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp : 021 - 5253004

email : .

email aduan : .