Kerja Sama IDLO dengan Kementerian Hukum dan HAM terkait Access to Justice

idlo1

Jakarta – Perwakilan International Development Law Organization (IDLO), Ted Hill, Caroline, Nisa Istiani, dan Peter de Meij melakukan kunjungan resmi ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada Rabu, 10 April 2019. Kunjungan ini diterima oleh Ibu Linggawaty selaku wakil Menkumham RI, Yasonna Hamonangan Laoly.

IDLO merupakan organisasi internasional antar pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesadaran hukum dan telah bekerja sama dengan banyak pihak, serta memiliki anggota 34 negara yang tersebar dari Benua Asia hingga Amerika. IDLO berkantor pusat di Roma, dan juga berkantor di Den Haag, Belanda. IDLO memiliki tujuan agar setiap masyarakat di dunia memiliki akses kepada keadilan melalui misi rule of law.

Ted menjelaskan bahwa di Indonesia, IDLO telah menjalankan beberapa program sejak tahun 2014 melalui kerja sama antara Indonesia – Belanda dalam program Indonesia – Netherlands Rule of Laws Fund.

Dalam kesempatan kali ini, Perwakilan IDLO dan Kemenkumham membahas rencana kegiatan dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), dan Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia (Ditjen HAM) terkait pelatihan paralegal di Indonesia serta kerja sama dalam bidang lainnya terkait tugas dan fungsi Kemenkumham.

Mengenai rencana tersebut Pihak Kemenkumham menerima masukan dari IDLO dengan baik. Pemerintah Indonesia juga telah melakukan upaya dalam mempermudah akses masyarakat terhadap hukum. Pihak Kemenkumham juga menyarankan IDLO melakukan kunjungan lebih lanjut untuk membahas kerja sama ini. (RPG).

idlo2

idlo3

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .