Menkumham Berharap Irjen Baru dapat Tingkatkan Pengawasan dan Moralitas Pegawai

DSC 4886

Jakarta – Kehadiran Inspektur Jenderal baru di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), diharapkan dapat membawa peningkatan kinerja, utamanya dalam hal pengawasan, moralitas, dan etika pegawai. Hal tersebut dikatakan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, saat melantik Andap Budhi Revianto sebagai Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham.

Yasonna berharap kehadiran Andap, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kepulauan Riau, dapat segera melakukan terobosan-terobosan dalam mengatasi tantangan dalam upaya meningkatkan moralitas dan etika pegawai.

Selain itu, Irjen juga dituntut untuk meningkatkan pengawasan, baik dalam hal pelaksanaan pelayanan publik, administrasi keuangan, maupun disiplin pegawai. Hal ini diharapkan dapat memperkecil kemungkinan terjadinya pelanggaran dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas bahkan menjadi zero mistake.

Irjen, kata Yasonna, diharapkan mampu menjaga dan meningkatkan indeks integritas Kemenkumham menjadi lebih baik. Selain itu juga dapat mencegah terjadinya kolusi, korupsi, dan nepotisme di lingkungan Kemenkumham. "Segala bentuk penyimpangan harus dapat dideteksi dini oleh Inspektorat Jenderal. Saya tidak mau Inspektorat Jenderal bertindak setelah ada kejadian, tetapi inspektorat harus mengantisipasi adanya dugaan fraud atau penyimpangan yang mungkin terjadi," kata Yasonna di Graha Pengayoman Kemenkumham.

Selain melantik Andap, Yasonna juga melantik Pimpinan Tinggi Madya dan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kemenkumham lainnya, Senin (04/05/2020). Pimpinan Tinggi Madya yang dilantik pada hari ini yaitu Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Direktur Jenderal Imigrasi, dan Inspektur Jenderal.

Yasonna berharap agar semua pejabat yang dilantik dapat segera menyesuaikan diri dan langsung bekerja dengan segala kesungguhan hati. "Kita perlu orang-orang yang mempunyai kompetensi, berintegritas, profesional, berkinerja tinggi, dan mempunyai moralitas yang bagus, serta mampu mengabdi, berkomitmen terhadap sumpah jabatan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di Kemenkumham," tandas Yasonna. (Hidayah, ed: Tedy, foto: Zeqi)

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .