Menkumham Ultah Myanmar : Negara yang berhasil dalam transformasi ekonomi

WhatsApp Image 2020 01 08 at 10.16.07

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly Mewakili Pemerintah Republik Indonesia menghadiri peringatan ke-72 Kemerdekaan Republik Persatuan Myanmar di Hotel Borobudur, Jakarta (6/01). Menteri Hukum dan HAM merasa sangat terhormat dapat bersama-sama pemerintah dan masyarakat Myanmar yang ada di Indonesia merayakan Ulang Tahun Myanmar, “Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berada di sini untuk bergabung dengan Anda pada kesempatan yang baik dalam peringatan ke-72 Kemerdekaan Republik Persatuan Myanmar” jelas menkumham dalam sambuatannya.

Menkumham yang memakai batik merah mengatakan bahwa komunikasi dan koneksi yang erat antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintahan Republik Persatuan Myanmar telah membentuk sikap saling pengertian yang saling menghormati dan menghargai. Menkumham juga mengatakan bahwa selama 70 tahun hubungan Indonesia dan Myanmar telah bekerja sama dalam ruang lingkup bilateral, sebagai negara ASEAN, secara regional maupun internasional untuk saling menguntungkan bagi kedua negara.

Dalam hal pertumbuhan ekonomi Menkumham juga memuji Myanmar atas keberhasilan transformasi ekonominya sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di kawasan  ASEAN. Dan untuk meningkat kerjasama di bidang ekonomi Pemerintah Indonesia dan Myanmar terus meningkatkannya  dengan total perdagangan 11% dalam lima tahun terakhir. Salah satunya kerjasama dibidang kesehatan, “MoU yang baru-baru ini ditandatangani tentang Kerjasama Kesehatan antara Indonesia-Myanmar pada 8 November 2019 akan membuka lebih banyak peluang kerja sama pada sektor produk farmasi dan peralatan medis” jelas Yasonna. Selain itu Pemerintah Indonesia akan terus meningkatkan kerjasama di sektor pariwista dan sektor-sektor lain yang saling menguntungkan kedua belah pihak.

Dalam hal kerjasama ASEAN, Menkumham menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk semakin memperkuat persahabatan dan kerja sama dengan Myanmar, sebagai mitra utama di kawasan ASEAN. Dan Pemerintah Indonesia siap untuk memajukan agenda bilateral dan kepentingan bersama kita melalui kolaborasi erat kita dalam berbagai forum regional dan multilateral.

Terakhir Menkumham mengucapkan selamat ulang tahun Kemerdekaan Myanmar, “Atas nama Pemerintah dan Rakyat Republik Indonesia, izinkan saya menyampaikan selamat dan harapan tulus kami untuk perdamaian dan kemakmuran Myanmar yang berkelanjutan. Turut hadir dalam kegiatan ini Duta Besar Republik Persatuan Myanmar untuk Indonesia, Yang Mulia Daw Ei Ei Khin Aye,  Perwakilan Tetap Republik Persatuan Myanmar untuk ASEAN U Min Lwin, Rini Wulandari dari Kerjasama Luar Negeri Kementerian Hukum dan HAM dan masyarakat Myanmar yang berada di Indonesia. Sebagai informasi Myanmar mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 4 Januari 1948. (Dedet)

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .