Pimpin Upacara, Menkumham: Isi Kemerdekaan Ini dengan Mengukir Prestasi dalam Bekerja dan Berkinerja.

hut ri1

Jakarta – Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly memimpin Upacara Hari Ulang Tahun kemerdekaan (HUT) RI ke-73 di lapangan Gedung Kemenkumham, Jum’at 17/8/2018. Upacara yang dimulai pukul 07.30 Wib diikuti para pejabat Unit Utama dan pegawai dengan berpakaian adat Nusantara.

Dalam pidatonya Menkumham meminta perbedaan di Indonesia tidak dijadikan alat pemecah belah bangsa. Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pelayan masyarakat untuk tetap teguh menjaga netralitas sekaligus sebagai perekat pemersatu bangsa. “Perbedaan  suku, bahasa daerah, adat istiadat, tradisi, serta agama adalah anugrah dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan kepada Bangsa ini,”Ucap Yasonna yang saat itu mengenakan pakaian khas adat Batak.

Menurutnya, momentum ini sebagai penyemangat untuk membuktikan bahwa jajaran ASN Kementerian Hukum dan HAM memberikan bukti melalui peran strategis tugas dan fungsi dibidang hukum dan HAM secara "PASTI" dan senantiasa menjunjung tinggi nilai integritas dalam menjalankan tugas negara.

Menkumham menambahkan, HUT RI ke-73 juga dijadikan momentum  istimewa bagi bangsa Indonesia, karena selain bertepatan dengan 73 tahun usia Kemerdekaan dan setelah 56 tahun kita kembali dipercaya untuk menyelenggarakan ajang pesta olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade yaitu Asian Games ke-XVIII.

Untuk itu Menkumham mengajak seluruh pegawai di lingkungan Kemenkumham untuk ikut mensukseskan penyelenggaraan Asian Games ke-XVIII Jakarta-Palembang. “Mari memperjuangkan  dan mengisi kemerdekaan  ini dengan senantiasa mengukir prestasi dalam bekerja dan berkinerja”,Tambah Yasona.

Indonesia perlu orang-orang yang mampu bekerja secara PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan dan lnovatif). Jajaran Kemenkumham harus mampu menjadi pelopor bukan pengekor, bekerja giat tanpa menghujat, berkarya tanpa mencela, dan berprestasi tiada henti, Kerja Kita Prestasi Bangsa.

Pada acara tersebut Menkumham juga menyampaikan pemberian remisi kepada 102.976 orang Narapidana, meliputi Narapidana yang mendapatkan pengurangan   hukuman  sebagian  sebanyak   100.776  orang,  dan Narapidana  yang langsung  bebas karena mendapatkan remisi sebanyak 2.200 orang. Acara Juga di rangkai dengan pemberian Piagam penghargaan kepada pegawai berprestasi.

Tema HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia adalah "Kerja Kita, Prestasi Bangsa", sejalan dengan motto Asian Games XVIII yaitu "The Energy of Asia". Dengan penetapan Tema Kerja Kita Prestasi Bangsa, diharapkan  dapat memberikan dampak  kepada masyarakat Indonesia agar tercipta semangat dalam bekerja bersama membangun  negeri dan semangat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi  dunia. (Komar, Foto: Zeqi).

hut ri2

hut ri3

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .