Taspen Smartcard, Kemudahan Pembayaran Dana Pensiun

2019 10 10 Taspen 1

Jakarta – PT. TASPEN (Persero) memiliki program-program yang dapat dimanfaatkan oleh para calon purnabakti. Salah satunya yaitu Taspen Smartcard yang merupakan program digitalisasi pelayanan pembayaran dana pensiun. Manager Pemasaran PT. TASPEN (Persero), Dadang Suhartono, mengatakan kartu tersebut dapat digunakan untuk mencairkan dana pensiun layaknya kartu debit ATM.

"Nantinya, untuk mencairkan dana pensiun, Bapak dan Ibu tidak perlu lagi datang ke bank, tetapi bisa melalui mesin ATM, hanya saja Bapak dan Ibu perlu melakukan otentikasi secara berkala melalui smartphone," jelas Dadang saat memberikan sosialisasi program-program yang dimiliki oleh PT. TASPEN (Persero) di ruang rapat 551 Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Otentikasi yang dimaksud Dadang dapat melalui smartphone, baik itu yang memiliki sistem operasi android maupun iOS, asalkan memiliki fitur kamera dan mikrofon. Otentikasi yang dilakukan berupa perekaman data biometrik (enrollment) pada sidik jari, suara, dan pemindaian wajah.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesejahteraan Pegawai Biro Kepegawaian, Heny Widyawati, mengatakan ketika seseorang memasuki masa purnabakti, hal tersebut merupakan fase penting dalam perjalanan kerja seorang aparatur sipil negara (ASN). Setelah mengabdi kepada negara puluhan tahun, calon purnabakti perlu mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki masa ini.

Heny menyatakan, memasuki masa purnabakti bukan berarti memasuki masa yang menakutkan. "Adanya pembekalan dan sosialisasi program dari PT. TASPEN (Persero) ini bisa menjadi pencerahan bagi calon purnabakti untuk mengetahui apa saja hak-hak yang bisa didapatkan nantinya setelah pensiun," ujar Heny yang memimpin jalannya kegiatan, Kamis (10/10/2019).

Kegiatan yang merupakan hasil kerja sama antara Biro Kepegawaian Kemenkumham dengan PT. TASPEN (Persero) diikuti oleh hampir 100 peserta yang berasal dari Unit Utama Kemenkumham dan Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta dan Banten.

Taspen Smartcard selain berfungsi sebagai kartu identitas pensiun dan kartu debit ATM, juga bisa digunakan dalam program loyalty/diskon pada mitra yang bekerja sama dengan PT. TASPEN (Persero). Beberapa mitranya yaitu Garuda Indonesia, Indie Home, Kimia Farma, Pegadaian, Prodia, Grab, dll. Tujuan utama program loyalty ini adalah upaya PT. TASPEN (Persero) untuk memberikan nilai tambah sebagai wujud peningkatan pelayanan kepada peserta. (Riri, Tedy)

2019 10 10 Taspen 2

2019 10 10 Taspen 3

2019 10 10 Taspen 4

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .