Uji Kompetensi Sebagai Sarana Mendapatkan Pegawai yang Kapabel

WhatsApp Image 2020 03 12 at 16.36.01

Bandung - Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Bambang Rantam Sariwanto membuka kegiatan uji kompetensi Pejabat Pengawas di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham. Dalam sambutannya, Bambang mengatakan bahwa kegiatan ini harus dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sehingga mendapatkan pegawai yang kapabel dalam menjalankan tugasnya.

"Pengembangan kompetensi seperti ini harus dilakukan guna meningkatkan kompetensi dari pegawai Kementerian Hukum dan HAM, sehingga pada suatu saat yang bersangkutan ditempatkan pada posisi tertentu dia bisa mengemban dan melaksanakan apa yang diperintahkan oleh atasannya, saya harap hasil dari uji kompentensi ini mendapatkan pegawai yang kapabel dan mampu melaksanakan tugas", ujar Bambang di Hotel Sheraton Bandung, pada Kamis (12/03/20).

Lebih lanjut Bambang mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi dari para peserta agar terus berupaya memajukan Kemenkumham. "Saya berharap peserta mempunyai motivasi, semangat untuk bisa lebih baik dimasa mendatang terutama dalam memajukan Kementerian Hukum dan HAM", kata Bambang. "Memang prosesnya tidaklah mudah, tetapi jika itu dilaksanakan dengan sepenuh hati dan semangat mencintai pekerjaan yang kita lakukan bukan tidak mungkin apa yang kita harapkan bisa terwujud dimasa mendatang", lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Liberti Sitinjak menyampaikan bahwa kegiatan uji kompetensi yang selama ini dilakukan oleh Kemenkumham akan menghasilkan pegawai yang berkualitas dan diharapkan memudahkan dalam pengembangan karir pegawai kedepannya. "Program Merit System yang kita laksanakan sudah melalui beberapa tahapan yang memungkinkan kita menghasilkan pegawai yang berkualitas dan memudahkan dalam pengembangan karir serta memudahkan pimpinan dalam mengambil keputusan", ujar Liberti. Uji Kompetensi ini dilaksanakan dari tanggal 11- 14 Maret 2020 meliputi beberapa jenis tes yaitu wawancara dengan Asesor, tes tulis, LGD (Leaderless Group Discussion) dan wawancara dengan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi. Peserta berjumlah 75 orang yang berasal dari lingkungan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

Kegiatan diawali dengan penampilan Tarian Nusantara dari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIA Bandung Binaan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bandung Putranti. Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, serta Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Jawa Barat. (teks dan foto : Humas Kemenkumham Jawa Barat)

Info Kontak

Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Jl. HR. Rasuna Said kav 6-7 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia-12940

Telp. : 021-5253004

email : .